Minggu, 04 Agustus 2013

Apa Itu Jarkom

Jarkom adalah singkatan dari Jaringan Komputer, merupakan gabungan antara teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi. Gabungan ini menghasilkan pengolahan data yang mencakup software aplikasi, database dan peralatan hardware yang digunakan secara bersamaan.
Jadi sistem ini lah yang disebut dengan jaringan (computer network).

Jadi apabila komputer kita sedang berinteraksi dengan komputer lain maka dapat dikatakan komputer kita telah terkoneksi dalam sebuah jaringan komputer. Jaringan ini dapat terhubung melalui cara, yaitu menggunakan kabel maupun non kabel (wireless).

Langsung saja saya akan menjelaskan tentang Apa itu LAN, MAN, dan WAN?

1. LAN, menurut saya lan adalah jaringan yang bersifat pribadi, yang biasanya digunakan oleh suatu perusahaan.Karena lan membutuh kabel untuk saling terkoneksi,maka semakin jauh maka semaki mahal juga biaya yang dibutuhkan.
2. MAN, menurut saya man adalah sebuah jaringan yang menggunakan teknologi sama dengan Lan, hanya ukuran nya lebih luas.MAN biasanya digunakan oleh kantor-kantor besar atau perusahaan yang saling berdekatan.
3. WAN, menurut saya wan adalah jaringan yang mencakup jangkauan geografis yang artinya, jaringan yang menjangkau antar negara bahkan benua di dunia.

dalam penggunaan WAN,terdapat sejumlah perangkat untuk saling menghubungkan yaitu:
1. Router, adalah peningkatan dari bridge.Router secara otomatis juga mendeteksi masalah dan akan mengalihkan jalur informasi dari jaringan yang bermasalah.
2. Modem (modulator/demodulator), modem adalah teknologi transmisi untuk dilewatkan melalui fasilitas komunikasi analog/ jaringan telpon.

Perlunya Jaringan Komputer

Jaringan komputer memungkinkan efisiensi penggunaan sumberdaya jaringan yang tinggi dengan
cara sebagai berikut :
-Berbagi sumberdaya (resource sharing) dimana sumberdaya jaringan seperti koneksi Internet, printer, dll, dapat digunakan secara bersama-sama. Sebuah jaringan komputer yang memiliki sebanyak, misalnya, 50 simpul, tidaklah perlu menyediakan satu printer untuk setiap simpul. Cukup sediakan beberapa printer yang terhubung ke jaringan untuk dipakai secara bersama-sama. Demikian pula dengan sumberdaya lainnya.
- Berbagi file (file sharing) seperti image, spreadsheet dan dokumen yang digunakan secara bersama-sama. Dengan demikian penggunaan penyimpanan dokumen atau hardisk lebih hemat, karena dengan satu data yang di share ke pengguna lainnya.
- Berbagi aplikasi (application sharing) ) pada satu aplikasi yang diinstall dan dapat digunakan oleh banyak pengguna. Seperti halnya data sharing, sharing aplikasi juga dapat menghemat dalam penggunaan harddisk.

0 komentar:

Posting Komentar